:D

Jumat, 05 Oktober 2012

Objek Wisata Kalimantan Timur


Sebagai salah satu daerah tujuan wisata, Kalimantan Timur memiliki potensi budaya dan pariwisata yang tak kalah menariknya dengan daerah tujuan wisata lain di Indonesia. Kekuatan wisata seperti obyek wisata alam, buatan maupun obyek wisata sejarah merupakan andalan daerah wisata Kalimantan Timur  
1).   Wisata Alam yang terdiri dari Wisata Bahari, Pantai, Petualangan dan Wisata Alam Buatan. Wisata ini tredapat disepanjang pesisir Kalimantan Timur, dan khusus untuk wisata bahari yang sudah berkembang adlah di Kabupaten Berau terletak dikecamatan Tanjung Batu Kepulauan Derawan. Dan untuk Wisata Pantai yang sudah dikelola terletak di Kota Balikpapan, Kota Tarakan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Penajam Paser Utara dan
Kabupaten Bulungan.
2).   Wisata Budaya yang terdiri dari Tari Tradisional, Seni Teater, Band, Drama, Orkes Melayu, Musik Tingkilan, Rebana, Hadrah dan Kesenian dari masyarakat pendatang yang berkembang di daerah Kalimantan Timur antara lain : Kuda Kepang, Ludruk, Ketoprak, Wayang Kulit, Barongsai, Kuda Lumping, Tari dan Modeling, Sandur, Karawitan, Reog, Sinden, Obyek Wisata ini berkembang di Daerah Kalimantan Timur dan tersebar di semua Kabupaten dan Kota.
3).   Wisata Sejarah terdiri dari peninggalan – peninggalan bekas kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang terdapat di Museum Mulawarman yang terletak di Kota Tenggarong Kabupaten Kutai kartanegara, sedangkan di Kabupaten dan Kta juga terdapat wisata sejarah yang pernah berdiri di Kota Kabupaten antara lain Kerajaan Sandurangas terletak di Kabupaten Pasir, Kerajaan Gunung Tabur dan Kerajaan Sambaliung terletak di Kabupaten Berau, sedangkan di Kota Tarakan dan Kota – Kota lain di Kalimantan Timur terdapat bekas peninggalan Perang Dunia        ke II.
4).   Wisata Mice adalah wisata yang berkembang terdapat di beberapa Ibu Kota Kabupaten dan Kota antara lain Kota Samarinda, Kota Balikpapan dan Kota Tenggarong serta Kota Tarakan.
5).   Wisata Belanja yang juga pengembangan dari Wisata Budaya terdapat di semua Ibu Kota Kabupaten dan Kota termasuk didalamnya Wisata Kuliner yang tiap – tiap Kabupaten dan Kota mempunyai daya tarik tersendiri dalam menyediakan atau menyajikan hidangan yang membangkitkan selera makan.
6).   Wisata Kesehatan. Wisata ini berkembang menurut kondisi dan permintaan pasar, namun di wilayah pedalaman terdapt jenis pengobatan yang merupakan budaya dari daerah berupa Berlian Sentiu untuk penyembuhan orang – orang sakit.
7).   Wisata Agama yang berkembang di Provinsi Kalimantan Timur berupa Pondok – Pondok Pesantren yang mempunyai visi dan misi keagamaan terdapat di Kota Samarinda, Kota Balikpapan dan Kutai Kartanegara.
8).   Wisata Olahraga yang sangat berkembang dan menarik adalah wisata Diving di Kepulauan Derawan Kabupaten Berau dan juga di Kota – Kota lain, seperti Balikpapan, Kota Bontang dan juga di Kota – Kota lain berkembang olahraga kebugaran bermacam – macam.

1 komentar: